Tips Berkomentar yang Baik dan Benar di Blog

Tips Berkomentar yang Baik dan Benar - Sebagai seorang pengunjung blog yang baik, tentu akan meluangkan waktunya untuk meninggalkan jejak berupa komentar di blog yang sedang dibacanya. Komentar bisa berupa pujian terhadap sajian artikel yang diberikan, berupa kritikan, maupun hanya sekedar blogwalking. Tapi tak jarang pula komentar yang tidak pantas dilontarkan oleh pengunjung. Komentar yang tidak pantas tentu akan membuat penulis blog merasa tidak dihargai dan menghapus komentar anda. Untuk itu, saya akan membagikan tips untuk anda bagaimana cara berkomentar yang baik dan benar versi Gudang Ilmu.

1. Komentar Secukupnya
Tinggalkan komentar secukupnya apabila anda ingin memuji ataupun mengkritik tulisan sang pemilik blog. Jangan buat komentar yang terlalu panjang, maupun yang terlalu pendek. Komentar yang baik akan mendapatkan balasan yang baik pula oleh pemilik blog.

2. Gunakan Bahasa yang Baik dan Jelas
Apabila anda ingin bertanya seputar artikel yang anda baca, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Pemilik blog akan merasa senang jika anda berkomentar dengan sopan dan tentunya jelas. Dengan begitu sang pemilik blog akan menjawab pertanyaan anda.

3. Gunakan Akun Terdaftar
Pemilik blog akan merasa senang apabila anda berkomentar menggunakan akun yang terdaftar, yaitu akun Google+. Hindari berkomentar menggunakan akun anonim (tanpa nama). Setidaknya gunakan layanan "name/url" ataupun "openID" untuk berkomentar.

4. Jangan SPAM
Apabila anda ingin meninggalkan komentar di blog apapun, berkomentarlah 1 kali saja. Jangan berkomentar lebih dari 1 kali, itu sama saja dengan SPAM. Blogger paling benci dengan yang namanya SPAM. Karena bisa merusak kualitas blog seseorang.

5. Jangan Menggunakan Live Link/Link Aktif
Mungkin anda sering menjumpai larangan berkomentar dengan live link. Apa itu live link? Live link merupakan link aktif yang mengandung direct link ke suatu laman. Lantas kenapa para blogger melarang pengunjungnya menggunakan live link? Itu karena live link bisa dianggap SPAM oleh Google dan bisa-bisa blog tersebut kena hukuman dari Google.

6. Hindari OOT (Out Of Topic)
Apabila anda ingin berkomentar, jangan sekali-kali anda melontarkan komentar yang tidak ada hubungannya dengan artikel yang anda baca. Hal itu sama saja dengan OOT. Pemilik blog tidak akan senang dengan komentar yang keluar jalur alias tidak nyambung dengan artikel yang dikomentari.

Nah, itulah yang perlu anda ketahui tentang tata cara berkomentar yang baik dan benar. Untuk itu, mulai sekarang biasakan diri dengan menerapkan 6 tips diatas untuk menjadi pengunjung yang baik.

4 comments:

  1. Tips yang bagus mas, berkomentar dengan baik memang sangat bagus atau penting untuk blog kita. karena dengan kita berkomentar yang baik, maka insyAllah orang yang kita komentarin atau yang tahu akan komentar kita, maka akan penasaran dengan blog kita. Terimakasih sharingnya. Salam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama gan ^_^ Terima kasih juga telah menjadi pengunjung yg baik :)

      Hapus
  2. semoga tulisannya menginspirasi pembaca ya... :-)
    kunjungi juga www.muslimgreget.com

    BalasHapus
  3. http://androiddeveloper-id.blogspot.com/search/label/Flashing
    makasih infonya :)

    BalasHapus

Hargai penulis dengan memberikan komentar yang baik dan mengklik iklan yang ada

Rules komentar :
1. No SPAM
2. No live link (link aktif)
3. Jika bertanya gunakan akun yang terdaftar
4. Komentar yang tidak pantas akan dihapus oleh admin

 
Top