Apa Itu Google Sandbox?

Apa Itu Google Sandbox? - Banyak sekali istilah-istilah yang digunakan berkaitan dengan dunia blogging seperti Google Panda ataupun Google Penguin. Sekarang mari kita mengenal istilah Google Sandbox. Apa itu Google Sandbox? Apa pentingnya bagi seorang blogger? Hal ini tentu sangat penting berkaitan dengan penempatan posisi blog anda di mesin pencari Google. Saya akan coba jelaskan dengan sederhana apa pengertian dari Google Sandbox.

Sandbox sendiri bisa diartikan sebagai kotak pasir. Jadi Google Sandbox bekerja seperti pasir yang bisa menghisap anda ke dalamnya dan kemudian menghilang. Itulah gambaran singkat dari Google Sandbox. Google Sandbox adalah sebuah konsep dari google untuk tidak memunculkan blog atau artikel blog anda pada SERP (Search Engine Result Page). Blog anda akan mendapatkan posisi terburuk di SERP jika terkena Google Sandbox. Biasanya sebuah blog yang baru diciptakan atau artikel yang baru ditulis tidak akan langsung muncul pada mesin pencari Google, itu karena mereka berada pada penjara Google yang disebut Google Sandbox.

Apa Itu Google Sandbox?

Sebuah blog atau artikel yang baru diciptakan akan berada pada Google Sandbox terlebih dahulu untuk diuji kualitasnya apakah mereka layak mendapat posisi yang baik di SERP atau tidak. Jadi anda harus mampu membuat blog atau artikel anda melewati yang namanya Google Sandbox ini.

Lantas bagaimana cara terlepas dari Google Sandbox?
Mungkin setelah anda tahu pengertian dari Google Sandbox, anda akan bertanya-tanya bagaimana cara agar blog atau artikel anda terbebas dari Google Sandbox. Tenang saja, caranya mudah jika anda serius ingin melakukannya. Untuk terlepas dari Google Sandbox, anda harus bisa membuktikan bahwa blog anda berkualitas dengan cara mengoptimasi blog anda menjadi SEO Friendly. Tapi jangan menggunakan jalan Blackhat SEO untuk terbebas dari Google Sandbox, yang ada malah makin dibenci Google. Untuk terlepas dari Google Sandbox, ada sebuah tips dari saya versi Gudang Ilmu :
1. Buatlah konten blog yang berkualitas, baca tips membuat artikel yang berkualitas
2. Submit konten yang baru anda buat di Google Webmaster Tools, baca cara membuat artikel cepat terindeks google
3. Hindari copy-paste artikel orang lain, buatlah konten yang original hingga terbebas dari duplicate content.
4. Jangan menggunakan Blackhat SEO, yaitu menggunakan keyword yang berlebihan atau trik licik lainnya.
5. Jangan mencari backlink menuju blog atau artikel anda secara berlebihan hingga dianggap SPAM.
Dengan anda menerapkan 5 tips diatas, anda bisa membebaskan blog anda dari Google Sandbox secepatnya. Apabila tidak, mungkin akan memakan waktu 6 bulan hingga 1 tahun.

Apa saja ciri-ciri blog yang terkena Google Sandbox?
1. Blog yang 70-100% copy paste artikel orang lain. Disebabkan karena mengcopy dari blog yang berada di posisi pertama Google.
2. Blog yang menggunakan keyword berlebihan hingga dianggap SPAM. Hal ini sering terjadi pada blog yang mengikuti kontes SEO hingga artikelnya sulit menempati halaman pertama Google.
3. Penulisan artikel yang terlalu pendek. Takaran penulisan artikel yang disukai Google adalah 500 kata.

Sebenarnya banyak sebab yang mengakibatkan blog terkena Google Sandbox yang mungkin belum saya ketahui. Untuk mengecek apakah blog anda terkena Google Sandbox, lakukan cara dibawah ini.
1. Kunjungi situs Google Sandbox Checker Online
2. Geser scroll ke bawah hingga terlihat sebuah kolom isian.
3. Isikan kolom "enter the website url blabla..." dengan url blog anda.
4. Isikan kolom "enter the keyword blabla..." dengan kata kunci artikel blog anda.
5. Isi captcha dengan benar.
6. Klik "submit".

Apa Itu Google Sandbox?

Nah itulah ulasan saya mengenai Google Sandbox. Semoga bermanfaat bagi anda para blogger dalam membuat blog yang berkualitas.

3 comments:

  1. wah serem juga ya mas kalau blog kita terkena sandbox, jadi pengen ngecek juga nih untuk blog saya, mudah-mudahan aman :)

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Hargai penulis dengan memberikan komentar yang baik dan mengklik iklan yang ada

Rules komentar :
1. No SPAM
2. No live link (link aktif)
3. Jika bertanya gunakan akun yang terdaftar
4. Komentar yang tidak pantas akan dihapus oleh admin

 
Top