#IngatLingkungan
sumber : windhacymyut.blogspot.com

Terapkan Aksi Peduli Lingkungan Bagi Generasi Muda IndonesiaHallo sobat blogger. Pada kesempatan kali ini, saya ingin menyampaikan sebuah ajakan kepada anda semuanya untuk #IngatLingkungan yang ada di sekitar anda. Melalui tulisan yang saya buat di blog ini, diharapkan mampu membuat anda semua sadar akan pentingnya peranan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.

Bisa dibilang bahwa kondisi lingkungan di Indonesia tercinta ini mulai turun kualitasnya diakibatkan oleh kurangnya kesadaran akan pentingnya lingkungan dalam keberlangsungan hidup makhluk hidup. Kerap kali manusia suka merusak lingkungan seperti membakar hutan yang saat ini marak dibicarakan. Baru-baru ini, musibah kebakaran hutan terjadi di kawasan Riau. Oknum tidak bertanggung jawab sengaja membakar hutan demi mendapatkan lahan untuk mendirikan bangunan. Akibat dari hal ini, diperkirakan kerugian ekonominya mencapai 10 triliun rupiah sejak Januari 2014 lalu. Kebakaran tersebut juga terjadi di cagar biosfir yang hidup sejumlah hidup hewan dilindungi seperti harimau sumatera, gajah sumatera , tapir, dan beruang. Di samping itu, asap yang ditimbulkan dari kebakaran lahan mengakibatkan emisi Co2 yang demikian pekat sehingga berpengaruh terhadap meningkatnya temperatur bumi. Hal ini tentunya akan sangat merugikan kehidupan makhluk hidup di sekitarnya.

#IngatLingkungan
sumber : m.okezone.com

Diperkirakan sebanyak 58 ribu penduduk juga sakit akibat asap kebakaran tersebut. Musibah ini juga mengakibatkan 3 orang tewas gara-gara penyakit pernapasan. Untuk itu, pelaku pembakar hutan ini ditangkap dan akan dihukum sesuai aturan yang ada. Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan. Untuk itu, mulai sekarang mari kita bersama-sama menerapkan aksi peduli lingkungan. Kita beri contoh kepada generasi muda untuk peduli terhadap lingkungan dan turut menjaga dan melestarikan alam yang ada.

Banyak hal yang dapat dilakukan demi menjaga lingkungan. Dimulai dari hemat listrik. Hampir semua manusia menggunakan listrik dalam kehidupan sehari-hari sehingga lupa untuk berhemat. Untuk itu, mulailah berhemat listrik dengan cara sebagai berikut :
1. Menyalakan lampu hanya di malam hari.
2. Cabut semua peralatan listrik yang tidak sedang digunakan.
3. Matikan lampu, TV, radio atau benda elektronik lainnya jika anda meninggalkan ruangan maupun tidur.
4. Tutup semua ventilasi dengan rapat jika sedang menyalakan AC. Hal ini guna udara dari luar tidak masuk sekaligus berhemat.
5. Hindari menggunakan lampu yang menggunakan daya terlalu besar.
6. Segera hentikan charging HP atau laptop anda bila baterai sudah terisi penuh.

Sebenarnya masih banyak hal yang bisa dilakukan demi menghemat listrik, tapi sisanya anda lakukan sendiri sesuai kesadaran anda. Begitu juga dengan air, air juga sangat penting bagi makhluk hidup. Semua makhluk hidup membutuhkan air yang bersih. Fungsi air ada berbagai macam. Mulai dari sumber minum, habitat makhluk hidup, membersihkan badan, hingga mencuci baju bagi manusia. Tentunya semua itu butuh sumber air yang bersih.

Tapi sering terjadi kasus sumber air yang sudah tercemar oleh limbah. Kita sebagai bagian dari makhluk hidup perlu menjaga sekaligus menghemat air. Hal itu bisa dilakukan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, tidak membuang limbah pabrik seenaknya, sekaligus menggunakan air secukupnya dalam kebutuhan sehari-hari manusia.

#IngatLingkungan
sumber : ypsrandy.blogspot.com


#IngatLingkungan. Peduli lingkungan juga bisa dilakukan dengan penghijauan lingkungan, yaitu menanam pohon untuk lahan yang gundul. Tanaman merupakan bagian dari alam yang dapat menghasilkan oksigen bagi makhluk hidup lainnya. Untuk itu, kita terapkan aksi menanam 1000 pohon untuk kota yang hijau. Hijaukan lingkungan, hijaukan negeriku! Mari kita perangi polusi air dan udara. Hindari menggunakan kendaraan pribadi yang menambah polusi udara! Buang sampah pada tempatnya! Hemat air dan listrik! Bersihkan lingkungan! Pilih juga pemimpin yang peduli akan lingkungan! Dan mari kita ciptakan Indonesia yang Bersih dan Hijau!

12 comments:

  1. Emang perlu diterapkan aksi seperti ini

    BalasHapus
  2. Gerakan yg bagus nih, demi mewujudkan kembalinya Indonesia yg hijau.. Semangat sob :)

    BalasHapus
  3. iya gan semoga anak muda melihat postingan gan biar sadar

    BalasHapus
  4. semangat gan buat menhijaukan negeri ini

    BalasHapus
  5. semangat gan buat lestarikan lingkungan (y)

    BalasHapus
  6. waduh gan artikelnya bagus banget (y) sukses ya !!!

    BalasHapus
  7. semangat buat melestarikan lingkungan :D

    BalasHapus
  8. Bermanfaat banget nih sob, , ,
    niceposttttttttttttt . . .

    BalasHapus
  9. All : thank you for your support :)

    BalasHapus
  10. Waahh nice post gan :D semangat buat melestarikan lingkungan kita :D

    BalasHapus
  11. semoga tulisannya menginspirasi pembaca ya... :-)
    kunjungi juga www.muslimgreget.com

    BalasHapus
  12. Setuju gan, mari wujudkan secara nyata, mari menanam pohon ! Sekarang semakin menarik karena ada program revolusioner, "MENANAM POHON SEKALIGUS MENDAPATKAN MANFAAT EKONOMOMI DALAM PENANAMAN DAN KAMPANYENYA"

    Cari Tahu caranya di : http://www.greenwarriorindonesia.com

    BalasHapus

Hargai penulis dengan memberikan komentar yang baik dan mengklik iklan yang ada

Rules komentar :
1. No SPAM
2. No live link (link aktif)
3. Jika bertanya gunakan akun yang terdaftar
4. Komentar yang tidak pantas akan dihapus oleh admin

 
Top