Apa Itu Google Penguin? - Setelah sebelumnya saya bahas mengenai Google Panda, sekarang anda sebagai seorang blogger juga perlu tahu apa itu Google Penguin. Sama halnya seperti Google Panda, Google Penguin juga merupakan bagian dari program baru yang dimiliki oleh Google, namun memiliki peran yang berbeda. Untuk itu akan jelaskan arti sesungguhnya dari Google Penguin.

Google Penguin adalah program yang dibuat oleh Google untuk memberikan hukuman bagi web apapun yang melanggar aturan seperti menerapkan Blackhat SEO, contohnya keyword stuffing, doorway pages, maupun cloacking.

Keyword Stuffing
Keyword Stuffing adalah menempatkan suatu kata kunci yang sangat banyak pada sebuah artikel yang dibuat dengan tujuan mendapatkan posisi pertama untuk kata kunci tersebut atau dengan kata lain spam kata kunci.

Doorway Pages
Doorway pages adalah menempatkan banyak kata kunci pada artikel blog dengan diberi kode HTML guna mengelabui search engine Google agar blog kita dianggap paling sesuai dengan kata kunci yang dicari. Oleh karena itu kadang saya menemukan banyak blog yang menggunakan teknik ini sehingga ketika saya ketik sebuah kata kunci tertentu, yang muncul hanya artikel sampah.

Cloacking
Cloacking adalah teknik yang dapat memanipulasi bot bot Google dengan memberikan deskripsi yang relevan di mesin pencari Google. Tetapi sewaktu user mengklik website tersebut, ternyata isinya jauh dari apa yang di deskripsikan Google.

Lantas apa hukuman bagi mereka yang melanggar? Tentu saja Google Penguin akan membanned/menghapus blog anda. Lalu apa ciri-ciri web yang terkena Google Penguin?

1. Link Spam
Untuk meningkatkan SEO blog, kita perlu memasang internal link yang mengarahkan kita pada artikel blog lain yang masih berhubungan. Tapi apabila anda memasang terlalu banyak link pada artikel anda, khususnya yang tidak relevan akan dianggap Spam oleh Google. Karena Google Penguin menganggap content blog yang mengandung link keluar yang tidak relevan sebagai webspam.

2. Query Otomatis ke Google
Saya sering menjumpai blog yang menggunakan script agar menampilkan konten dengan kata kunci yang sedang dicari. Namun ketika dikunjungi, hasilnya adalah kebohongan! Tentu saja hal ini merugikan pengunjung sekaligus melanggar hak cipta Google.

3. Duplicate Content
Untuk itu sering saya ingatkan agar menulis sebuah artikel original guna menghindari pinalti Google. Duplicate content akan dianggap sebagai Spam oleh Google sehingga akan dijatuhi hukuman banned.

4. Link Berbayar
Yang dimaksud link berbayar adalah link yang membuat blog kita mendapat traffik tinggi sekaligus meningkat pagerank. Tentunya Google tidak menyukai apabila blog tidak berkualitas dapat pagerank tinggi.

5. Mengandung Virus/Malware/sejenisnya
Akan sangat merugikan apabila blog anda mengandung virus/malware/phising/sejenisnya yang dapat merusak komputer. Pengunjung akan merasa dirugikan sekaligus anda akan rugi karena kena pinalty oleh Google. Untuk itu jangan sekali menyusupkan virus pada blog anda melalui script pada widget, link, maupun template.

6. Program Affiliasi
Program affiliasi adalah program yang memungkinkan kita untuk mendapatkan uang dari mereferensikan sesuatu sehingga menguntungkan penyelenggaran program affiliasi tersebut. Banyak blog yang hanya berusaha  mendapatkan uang dari blog mereka tanpa mempedulikan kualitas blog mereka, sehingga Google Penguin perlu menghukumnya.

Nah itulah informasi dari saya mengenai Google Penguin. Untuk itu, marilah menjadi Blogger Indonesia yang baik dan menghasilkan konten yang berkualitas sehingga terhindar dari pinalty Google Penguin.

2 comments:

  1. Nice Post gan :) Menambah wawasan nih tentang google penguin :)

    BalasHapus

Hargai penulis dengan memberikan komentar yang baik dan mengklik iklan yang ada

Rules komentar :
1. No SPAM
2. No live link (link aktif)
3. Jika bertanya gunakan akun yang terdaftar
4. Komentar yang tidak pantas akan dihapus oleh admin

 
Top