Mobil Terbang Buatan Belanda Mulai Dipasarkan

Mobil Terbang Buatan Belanda Mulai Dipasarkan - Seperti yang kita ketahui bahwa mobil adalah kendaraan darat yang paling sering menyebabkan macet di jalanan. Alangkah senangnya jika mempunyai mobil yang bisa terbang di udara dan terhindar dari kemacetan di jalan raya, tentu hal itu sangat membantu pekerjaan manusia. Anda mungkin sering melihat mobil terbang hanya di film-film mancanegara yang mengambil tema teknologi. Tapi sekarang, itu bukanlah sekadar hanya di film. Inovasi untuk membuat kendaraan pribadi bisa terbang sudah dilakukan oleh Belanda.

PAL-V One, itulah sebutan untuk mobil terbang buatan Belanda ini. Kendaraan ini diproduksi oleh PAL-V Europe NV, sebuah perusahaan di Raamsdonksveer, Belanda. PAL-V Europe NV telah rampung mengembangkan PAL-V One, mobil roda tiga yang bisa melesat di jalan raya dan terbang seperti helikopter tempur di langit.

Mobil Terbang Buatan Belanda Mulai Dipasarkan

PAL-V dengan kepanjangan Personal Air and Land Vehicle ini menggunakan sistem penerbangan autogyro, dengan mesin berbahan bakar bensin yang bisa menghasilkan tenaga 230 horsepower untuk memutar sepasang baling-baling, yang terletak di belakang dan di atas, sehingga mobil itu bisa terbang dengan sempurna.

Usai penerbangan perdananya 18 bulan lalu, mobil terbang buatan Belanda ini akhirnya bisa dipasarkan. Sebelumnya PAL-V Europe NV menyempurnakan dua hal penting agar PAL-V One bisa diproduksi massal. Pertama dengan menggunakan material komposit sebagai bahan pembuat mobil itu sehingga bobotnya lebih ringan saat terbang, tetapi juga kokoh meniti jalan raya. Kedua memasang suspensi belakang hidrolik, agar mobil roda tiga itu bisa bermanuver layaknya sepeda motor.

Sebenarnya secara teknis dan bentuknya, kendaraan ini bukanlah mobil tetapi lebih seperti sepeda motor roda tiga yang dapat berubah menjadi gyrocopter. Namun, masih tetap legal untuk dikendarai dan terbang.

Mobil Terbang Buatan Belanda Mulai Dipasarkan

PAL-V One bisa melesat dengan kecepatan maksimal 180 kilometer per jam, baik di darat maupun di udara. Saat terbang mobil itu bisa menjangkau jarak maksimal 507 km. Untuk mengubah mode dari mobil ke pesawat dibutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Kendaraan ini berbobot 1.500 pon yang terbuat dari bahan rangka serat karbon, titanium, dan aluminium. Sehingga cukup ringan untuk diterbangkan. Untuk dapur pacu, Pal-V One mengusung mesin bensin empat silinder yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 230 hp.

Adapun kapasitas tangki bensin dapat menampung 27 galon, dengan jarak perjalanan saat terbang mencapai 220 mil pada ketinggian rendah sekitar 4.000 kaki, atau dikendarai di darat sejauh 750 mil.

"Sebelumnya, mobil roda tiga ini punya pusat gravitasi tinggi sehingga tidak bisa dikemudikan dengan aman," kata Robert Dingemanse, bos PAL-V Europe.

Dingimanse mengatakan perusahaanya sudah menerima pesanan dari beberapa pelanggan di Belanda dan berharap pesanan dari luar negeri mulai masuk pertengahan tahun ini. Dia berencana mulai mengirim PAL-V One pertamanya pada 2016. Soal harga, PAL-V One dijual cukup mahal, yakni sekitar US$ 295.000 atau sekitar Rp 3,5 miliar.

Sekian artikel tentang Mobil Terbang Buatan Belanda Mulai Dipasarkan

2 comments:

Hargai penulis dengan memberikan komentar yang baik dan mengklik iklan yang ada

Rules komentar :
1. No SPAM
2. No live link (link aktif)
3. Jika bertanya gunakan akun yang terdaftar
4. Komentar yang tidak pantas akan dihapus oleh admin

 
Top