10 Fenomena Aneh di Otak Manusia

10 Fenomena Aneh di Otak Manusia - Otak adalah aset yang sangat berharga bagi makhluk hidup, terutama manusia. Pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia adalah fungsi dari otak manusia. Otak dan sel saraf di dalamnya dipercayai dapat memengaruhi kognisi manusia. Otak juga bertanggung jawab atas pengenalan, emosi, ingatan, pembelajaran motorik, dan hal-hal lainnya. Hal inilah yang menyebabkan munculnya fenomena aneh di otak manusia. Beberapa dari anda mungkin pernah mengalaminya. Untuk itu, saya akan bahas 10 fenomena aneh di otak manusia.

1. Deja Vu
Deja Vu adalah perasaan dimana anda merasa pernah mengalami, melakukan, atau menyaksikan suatu peristiwa sebelumnya. Deja Vu akan membuat anda merasa bahwa kejadian itu pernah terjadi dan bahkan seperti terulang, tapi tidak mengingat kapan terjadinya. Seperti contohnya kalau anda melihat orang yang baru anda temui, anda merasa pernah mengenalnya, ternyata anda sadar dia adalah orang yang pernah anda temui di suatu tempat.

2. Deja Vecu
Seperti halnya Deja Vu, Deja Vecu memiliki perasaan yang lebih kuat dibanding Deja Vu. Orang yang mengalami Deja Vecu mampu mengingat setiap detail suatu peristiwa, jadi serasa benar-benar pernah mengalami peristiwa tersebut.

3. Deja Visite
Jika Deja Vu berkaitan dengan peristiwa, maka Deja Visite berkaitan dengan tempat/lokasi. Deja Visite adalah perasaan dimana anda merasa pernah mengenal suatu tempat padahal tempat itu belum pernah anda kunjungi. Seperti contohnya anda begitu familiar dengan sebuah bangunan yang anda lihat, ternyata anda sadar bangunan itu pernah anda lihat di dalam foto atau lukisan.

4. Deja Senti
Deja Senti adalah perasaan dimana anda seperti pernah merasakan sesuatu. Seperti contohnya anda merasa sudah memakai dasi dan hendak berangkat kerja, nyatanya anda belum memakai dasi. Karena anda memang sudah mengambil dasi dan akan memakainya, tapi karena suatu alasan anda meletakkan kembali dasi itu di meja lalu ketika hendak berangkat barulah anda sadar bahwa anda belum memakai dasi.

5. Jamais Vu
Jamais Vu merupakan kebalikan dari Deja Vu. Jamais Vu yaitu perasaan dimana anda tidak pernah melihat/mengalami sesuatu, padahal jelas anda pernah melihat/mengalaminya. Seperti contohnya anda tiba-tiba tidak mengenal teman, keluarga, atau orang lain yang ada hubungannya dengan anda karena otak anda kelelahan.

6. Presque Vu
Presque Vu adalah perasaan dimana anda gagal mengingat sebuah kata dari ingatan anda dan mengeluarkannya, ditambah dengan perasaan dimana perlu untuk mengingat hal tersebut meskipun anda hanya mampu mengingat sebagian dari kata yang ingin diucapkan. Fenomena ini sangat aneh. Seperti contohnya anda ingin berkata "aku lapar", saat ingin mengucapkannya tiba-tiba anda lupa ingin bilang apa, atau jika tidak lupa maka kata yang ingin anda ucapkan tidak bisa keluar dari mulut.

7. L'esprit de I'escalier
L'esprit de I'escalier adalah perasaan dimana anda merasa bisa melakukan hal yang lebih baik dari peristiwa yang sudah anda alami. Seperti contohnya ketika anda bermain bola dan akan melakukan tendangan pinalti, anda menendang bola ke arah samping kanan dan ternyata berhasil di block kiper. Akhirnya kamu berpikir jika sebenarnya anda yakin jiika bola itu ditendang ke arah kiri, maka akan goal. Pada akhirnya timbul rasa penyesalan karena tidak melakukan hal yang berlawanan dengan peristiwa yang sudah terjadi.

8. Capgras Delusion
Capgras Delusion adalah perasaan dimana anda merasa yakin kalau keluarga atau teman anda adalah orang lain yang wujudnya sama persis. Hal ini menyebabkan anda tidak akan percaya pada keluarga anda sendiri tanpa pembuktian (tes pertanyaan). Seperti halnya di film-film alien yang aliennya bisa berubah menyerupai orang yang anda kenal.

9. Fregoli Delusion
Ini adalah fenomena yang sangat jarang terjadi. Orang yang mengalami Fregoli Delusion percaya bahwa keluarga atau temannya sebenarnya adalah 1 orang yang melakukan penyamaran. Nama Fregoli Delusion sendiri diambil dari nama aktor Italia bernama Leopoldo Fregoli yang bisa merubah penampilan dengan cepat saat pertunjukkannya.

10. Prosopagnosia
Prosopagnosia adalah fenomena dimana anda kehilangan kemampuan untuk mengenal wajah orang atau benda yang seharusnya anda ketahui. Biasanya orang yang mengalaminya akan menggunakan cara lain untuk mengingat orang lain seperti cara bicaranya, cara berjalannya, atau bau badannya.

Sekian artikel tentang 10 Fenomena Aneh di Otak Manusia

3 comments:

  1. Informatif sekali... kalo tidak salah pengunaan kata atauu istilahnya ko berasal dari bahasa prancis ya, apa penelitinya dari negeri Mode?

    Btw ke 7 Point di atas sy pernah mengalaminya sendiri... thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya benar (o) pencetusnya berasal dari Prancis, maka dari itu namanya diambil dari bahasa Prancis

      Hapus
  2. iya saya baru tau dan sering terjadi "Deja Vu" dan "Deja Vecu"

    BalasHapus

Hargai penulis dengan memberikan komentar yang baik dan mengklik iklan yang ada

Rules komentar :
1. No SPAM
2. No live link (link aktif)
3. Jika bertanya gunakan akun yang terdaftar
4. Komentar yang tidak pantas akan dihapus oleh admin

 
Top