Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) - Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

Nama awal PKM adalah Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997, yang lalu berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001, demi memperluas cakupan dan mengurangi batasan bagi mahasiswa dalam berkreasi.

PKM memiliki 7 sub-program, antara lain :
1. PKM-P (Penelitian)
2. PKM-K (Kewirausahaan)
3. PKM-M (Masyarakat)
4. PKM-T (Teknologi)
5. PKM-KC (Karsa Cipta)
6. PKM-KI (Karya Ilmiah)
7. PKM-GT (Gagasan Tertulis)

Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti memberi ruang untuk para mahasiswa dalam menunjukkan kreativitasnya. PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional.

Tujuan PKM :
1. Mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan
penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. 
2. Mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif.
3. Mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab, membangun kerjasama tim, maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

PKM ini diharapkan dapat mengurangi kesenjangan antara teori yang diperoleh mahasiswa dengan kontribusi nyata mereka dalam penyelesaian permasalahan dan realita masyarakat yang ada. PKM-PKM dari universitas-universitas seluruh Indonesia yang masuk ke Dikti akan disaring untuk kemudian bermuara pada PIMNAS.

PIMNAS merupakan singkatan dari Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. Sesuai namanya, PIMNAS adalah ajang kompetisi berskala nasional dimana para mahasiswa dari seluruh universitas di Indonesia unjuk kemampuan intelektual dan kreativitas dalam bentuk pembuatan PKM.

Tahapan-tahapan sebelum membuat PKM :
1. Tahap 1 = baca jurnal minimal 2 per hari --> judul jurnal terserah --> otak terisi gagasan --> muncul ide membuat PKM
2. Tahap 2 = niat --> jangan tunda pekerjaan --> fokus pada 1 titik (PKM atau LKTI) --> 1-3 bulan PKM selesai dibuat
3. Tahap 3 = membuat judul PKM --> latar belakang, tujuan, dan manfaat PKM --> kerangka isi PKM

Tips membuat PKM yang bagus :
1. Judul menarik.
2. Latar belakang masalah yang umum (dialami banyak orang).
3. Topik fresh/masih baru.
4. Manfaat yang besar.

Nah itu tadi program kreativitas mahasiswa (PKM) yang dapat saya kutip dari materi AKTIF 2016 (Aktualisasi Kader Teknik Informatika).

1 comments:

Hargai penulis dengan memberikan komentar yang baik dan mengklik iklan yang ada

Rules komentar :
1. No SPAM
2. No live link (link aktif)
3. Jika bertanya gunakan akun yang terdaftar
4. Komentar yang tidak pantas akan dihapus oleh admin

 
Top