Komunikasi Efektif

Komunikasi Efektif - Sejak bayi, manusia telah memiliki kemampuan untuk berkomunikasi, yakni melalui tangisan serta ekspresi wajah. Karena komunikasi merupakan bakat manusia yang sudah dimiliki secara alami, maka banyak yang menganggap jika komunikasi adalah sesuatu yang biasa-biasa saja dan tidak perlu dipelajari. Pada kenyataannya, komunikasi merupakan proses yang sangat kompleks. Hal ini terjadi karena komunikasi tidak melibatkan satu individu, namun juga melibatkan individu-individu lain dengan sifat dan latar belakang yang berbeda.

Komunikasi adalah suatu proses dalam mana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi, dan masyarakat menciptakan, dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan dan orang lain. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal.

Sedangkan efektif adalah suatu pencapaian tujuan secara tepat atau memilih tujuan-tujuan yang tepat dari serangkaian alternatif atau pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya.

Komunikasi efektif yaitu komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi. Sebuah komunikasi dianggap efektif apabila :
1. Pesan dapat diterima dan dimengerti serta dipahami sebagaimana yang dimaksud oleh pengirimnya.
2. Pesan yang disampaikan oleh pengirim dapat disetujui oleh penerima dan ditindaklanjuti dengan perbuatan yang diminati oleh pengirim.
3. Tidak ada hambatan yang berarti untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk menindaklanjuti pesan yang dikirim.

Tujuan dari adanya komunikasi efektif adalah memberi kemudahan dalam memahami pesan yang diberikan.

Bentuk-bentuk komunikasi efektif :
1. Komunikasi verbal efektif
    - Berlangsung secara timbal balik.
    - Makna pesan ringkas dan jelas.
    - Bahasa mudah dipahami.
    - Cara penyampaian mudah diterima.
    - Disampaikan secara tulus.
    - Mempunyai tujuan yang jelas.
    - Memperlihatkan norma yang berlaku.
    - Disertai dengan humor.
2. Komunikasi non verbal
    - Penampilan fisik.
    - Sikap tubuh dan cara berjalan.
    - Ekspresi wajah.
    - Sentuhan.

Suatu komunikasi dianggap efektif bila terdapat unsur-unsur sebagai berikut :
1. Sumber
Pengirim yang mengirim pesan kepada penerima pesan dengan menggunakan media tertentu. Sumber adalah unsur yang sangat berpengaruh dalam komunikasi, karena merupakan awal terjadinya suatu komunikasi.
2. Pesan
Isi komunikasi berupa pesan yang disampaikan oleh sumber kepada penerima. Kejelasan pengiriman dan penerimaan pesan sangat berpengaruh terhadap kesinambungan komunikasi.
3. Media
Saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan sebagai sarana berkomunikasi. Berupa bahasa verbal maupun non verbal, wujudnya berupa ucapan, tulisan, gambar, bahasa tubuh, bahasa mesin, sandi dan sebagainya.
4. Penerima
Penerima yang menerima pesan dari sumber, kemudian memahami, menerjemahkan dan akhirnya memberi respon.
5. Efek
Merupakan dampak komunikasi sebagai respon atas penerimaan pesan. Diimplentasikan dalam bentuk umpan balik (feed back) atau tindakan sesuai dengan pesan yang diterima.

Faktor kelancaran/hambatan dalam membangun komunikasi efektif :
1. Pengetahuan
2. Pengalaman
3. Kepribadian
4. Budaya
5. Biologis

Syarat terciptanya komunikasi efektif :
1. Menciptakan suasana yang menguntungkan.
2. Menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti.
3. Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak penerima.
4. Pesan dapat menggugah kepentingan di pihak penerima yang dapat menguntungkannya.
5. Pesan dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward di pihak penerima.

Ciri-ciri komunikasi tidak efektif :
1. Malu-malu
2. Marah-marah
3. Maksud tidak jelas
4. Komunikasi hanya searah
5. Tidak responsif
6. Tidak nyambung

Teknik komunikasi yang efektif :
1. Mendengarkan dengan aktif
2. Terampil berbicara
3. Gaya bicara
4. Penampilan menarik

Nah itu tadi komunikasi efektif yang dapat saya kutip dari materi AKTIF 2016 (Aktualisasi Kader Teknik Informatika).

1 comments:

  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah aku bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259 atau klik dibawah PESUGIHAN TAMPA TUMBAL .

    BalasHapus

Hargai penulis dengan memberikan komentar yang baik dan mengklik iklan yang ada

Rules komentar :
1. No SPAM
2. No live link (link aktif)
3. Jika bertanya gunakan akun yang terdaftar
4. Komentar yang tidak pantas akan dihapus oleh admin

 
Top