7 Kemampuan Sherlock Holmes yang Menakjubkan

7 Kemampuan Sherlock Holmes yang Menakjubkan - Semua pasti mengenal atau hanya sekedar pernah mendengar nama Sherlock Holmes. Tokoh fiksi karangan Sir Arthur Conan Doyle ini merupakan detektif asal Inggris yang sangat hebat. Dia menjadi idola banyak orang, termasuk saya karena kemampuannya yang luar biasa dalam memecahkan kasus. Tidak jarang banyak orang yang menjadi terobsesi akan kemampuannya. Dan kali ini saya akan membagikan 7 kemampuan Sherlock Holmes yang menakjubkan versi Gudang Ilmu.

1. Menebak Profesi Seseorang dari Penampilan
Di beberapa kisahnya sempat diceritakan tentang kemampuan Holmes dalam menebak profesi/pekerjaan seseorang hanya dari penampilannya saja. Dia bisa menebak profesi orang yang meminta jasanya memecahkan kasus dan membuat orang tersebut terkejut. Seperti contohnya dia bisa menebak orang tersebut bekerja di pertambangan, karena kulitnya kasar. Atau saat dia menebak profesi orang itu adalah petinju, karena telinganya yang agak mendatar dan menebal.

2. Membaca Pikiran Orang Lain
Membaca pikiran adalah kemampuan menakjubkan yang dimiliki Holmes. Memang ada tekniknya, tapi Sherlock Holmes mampu menebak dan 100% akurat. Seperti kisahnya saat bersama sahabatnya, yaitu Dr. Watson. Ketika Watson sedang melamun, tiba-tiba Holmes berkata "Kau benar, Watson. Memang tak masuk akal melerai pertikaian seperti itu". Tentu saja ini membuat Watson terkejut. Dia mampu membaca pikiran Watson saat melamun, bahkan meneruskan pikirannya.

Holmes berkata kepada Watson "Setelah menaruh koran kau duduk terdiam selama setengah menit dengan ekspresi wajah hampa. Lalu, matamu tertuju ke foto Jenderal Gordon yang bingkainya baru itu, dan aku melihat perubahan di wajahmu. Itu tandanya kau mulai melamun. Tapi itu tak berlangsung lama. Matamu ganti menatap foto Henry Ward Beecher yang belum sempat diberi bingkai, yang kau taruh di atas tumpukan bukumu. Kemudian kau menatap dinding, dan tentu saja tindakanmu ini jelas sekali maksudnya. Kau sedang membayangkan betapa bagusnya kalau foto itu segera diberi bingkai, sehingga bisa dipasang di dinding yang masih kosong sejajar dengan foto Gordon di sebelah sana.

Tapi pikiranmu kembali ke Beecher, dan kau menatapnya begitu rupa bagaikan mempelajari karakternya melalu mimik wajahnya. Wajahmu serius. Kau pasti sedang mengingat kembali peristiwa yang terjadi di sepanjang karir Beecher. Aku tahu kau pasti membayangkan misi yang diembannya demi rakyat utara selama perang saudara. Aku ingat kau pernah menyatakan kejengkelanmu karena rakyat kita yang sedang bergolak tak begitu menghargainya ketika dia berkunjung ke sini. Kau begitu marahnya tentang itu, sehingga aku tahu kalau kau menatap foto Beecher, kau pasti akan mengingat insiden itu.

Sejenak kemudian kulihat matamu berpaling dari foto itu. Aku menduga, pikiranmu beralih ke Perang Saudara. Kau mengatupkan bibirmu rapat-rapat, matamu berbinar, dan kedua tanganmu terkepal. Aku yakin kau sedang membayangkan keberanian yang ditunjukkan kedua belah pihak yang sedang bertikai. Lalu, wajahmu menjadi sedih kembali, kau menggeleng-gelengkan kepalamu. Kau sedang memikirkan kepedihan dan kengerian karena banyaknya korban jiwa dalam peperangan itu. Tanganmu menyentuh luka di tubuhmu, lalu kau tersenyum. Ini menunjukkan betapa menggelikannya cara yang telah dipakai untuk memecahkan masalah internasional itu, menurut anggapanmu tentunya. Pada saat itulah kukatakan aku setuju cara itu tak masuk akal".

3. Melihat Sifat dan Karakter Seseorang dari Penampilan
Keahlian Holmes selanjutnya adalah mampu melihat karakter seseorang yang dilihatnya hanya dari penampilan. Seperti contohnya yaitu orang yang bermulut kecil adalah orang yang berwatak kejam. Ataupun telinga yang lebar menandakan bahwa orang tersebut adalah pendengar yang baik.

4. Melihat Sifat dan Karakter Seseorang dari Tulisan Tangan
Sherlock Holmes juga dapat melihat karakter seseorang dari tulisan tangannya. Ilmu ini disebut Grafologi. Dia pun juga mengetahui penampilan seseorang hanya dengan melihat tulisan (tanpa mengetahui siapa penulisnya). Seperti contohnya tulisan yang tebal menandakan tingkat emosinya tinggi. Ataupun huruf yang ditulis dengan ukuran yang kecil menandakan tingkat konsentrasinya tinggi.

5. Mengetahui Kejujuran dan Kebohongan Seseorang
Holmes dengan mudahnya mengatakan bahwa orang yang menjadi lawan bicara telah berkata bohong. Dia mengetahuinya dari gerakan tubuhnya. Seperti contohnya, ketika seseorang berbicara dengan menggaruk kepalanya atau memegang leher, dia berarti sedang berbohong. Bisa juga dari matanya, mata orang yang berbohong akan menghadap ke kanan atas (menggunakan otak kanan untuk mengimajinasikan sesuatu).

6. Mengetahui Apa yang Baru Dilakukan Seseorang
Kemampuan inilah yang membuat Watson selalu terkejut dengan Holmes. Holmes bisa mengetahui apa yang baru dilakukan oleh temannya, Watson. Holmes mengetahui jika Watson baru saja mandi ala Turki.

Holmes menjelaskan "Soal kereta. Perhatikan bercak cipratan air di lengan kiri dan bahu jasmu. Kalau kau tadi duduk di tengah kau tak akan kecipratan. Kalau pun kecipratan, pasti bekasnya akan berpola simetris. Jadi jelas kau duduk di salah satu sisi. Karenanya pasti ada orang lain yang sekereta denganmu. Kau punya gaya khas kalau mengikat tali sepatu. Kulihat kali ini gayanya lain, karena ada dua lipatan simpul. Jadi, pasti orang lai yang telah melepaskan dan mengecangkan ikatan itu kembali. Bisa saja tukang reparasi sepatu, tapi rasanya tak mungkin karena sepatumu masih baru. Jadi kemungkinan tinggal pelayan di tempat mandi ala turki.

7. Mengetahui Masa Lalu Seseorang dengan Sekali Lihat
Mungkin mustahil untuk mengetahui masa lalu seseorang hanya dengan melihatnya, apalagi orang yang tidak dikenal. Tapi Holmes punya cara untuk itu. Seperti pada cuplikan filmnya, Holmes mengetahui masa lalu wanita yang makan malam dengannya. Wanita itu telah bercerai sekitar 3 bulan yang lalu, karena terdapat bekas cincin di jari manisnya yang telah dilepas.

Sekian artikel tentang 7 Kemampuan Sherlock Holmes yang Menakjubkan

0 comments:

Posting Komentar

Hargai penulis dengan memberikan komentar yang baik dan mengklik iklan yang ada

Rules komentar :
1. No SPAM
2. No live link (link aktif)
3. Jika bertanya gunakan akun yang terdaftar
4. Komentar yang tidak pantas akan dihapus oleh admin

 
Top