Biro-Biro di Teknik Informatika UNESA

Biro-Biro di Teknik Informatika UNESA - Jurusan Teknik Informatika UNESA memiliki beberapa biro, atau orang awam mengenalnya sebagai sebuah ekstrakurikuler, dimana tiap biro ini dinaungi oleh departemen-departemen yang ada di jurusan. Berikut adalah beberapa biro yang terdapat di Teknik Informatika UNESA.

1. BIRO SPORT

Biro sport berada di bawah naungan Departemen Minat dan Bakat. Departemen Minat dan Bakat adalah departemen yang dinaungi oleh Himpunan Jurusan Teknik Informatika UNESA, dimana departemen ini mewadahi minat dan bakat mahasiswa Teknik Informatika.

Biro Sport dibagi menjadi dua, yaitu Sport dan E-sport.

Sport
1. Futsal. Futsal Teknik Informatika pertama kali unjuk gigi di POM FT (Pekan Olahraga Mahasiswa Fakultas Teknik) tahun 2015, dengan membawa pulang piala juara dua. Tempat latihan di Weta.
2. Basket. Basket masih tergolong baru dan baru dibentuk tahun 2016. Harapannya semoga basket Teknik Informatika bisa dipandang di UNESA, utamanya di Fakultas Teknik. Tempat latihan di lapangan depan Fakultas Ekonomi.
3. Voli. Voli Teknik Informatika mengikuti POM FT 2015 dan mendapatkan juara 2. Rencana dalam waktu dekat ini, Teknik Informatika akan menggelar PORJUR (Pekan Olahraga Jurusan). Tempat latihan di A8/FMIPA (kondisional).
4. Badminton. Sama seperti halnya basket, badminton juga tergolong baru dan baru dibentuk tahun 2016. Tempat latihan di lapangan KSC.

E-sport
1. Dota 2. Dota 2 adalah game berbasis MOBA (Multiplayer Online Battle Arena). Biro ini bertujuan untuk mewadahi aspirasi mahasiswa Teknik Informatika dengan mengasah skill dan strategi bermain.
2. Vainglory. Vainglory adalah game berbasis strategi, dimana game ini memiliki karakteristik hampir sama dengan Dota 2, hanya berbeda di platform. Dota 2 dimainkan di komputer, sedangkan Vainglory dimainkan di smartphone. Oleh karena itu Vainglory bisa diunduh di Play Store ataupun App Store.

2. BIRO BROADCASTING

Broadcasting of Informatics, atau disingkat (BRAIN), berdiri tahun 2015 dengan nama awal JOIN (Jurnalistic of Informatics). BRAIN berada di bawah naungan Departemen Komunikasi dan Informasi.

Divisi-divisi dalam BRAIN adalah Jurnalis, Layouter, Photographer, dan Videographer.

Jurnalis
Jurnalis bertugas mengadakan riset dan menampilkan informasi dalam media massa tertentu, seperti sastra, liputan khusus, dll. Informasi tersebut dipublikasi ke web jurusan, mading, dll.

Layouter
Layouter bertugas membuat layout/desain suatu proyek berupa gambar, video, layout web, layout tulisan, dsb sehingga mempercantik tampilan.

Photographer
Photographer adalah juru foto yang meliput/mendokumentasikan kegiatan tertentu dan belajar mengenai shoot foto.

Videographer
Videographer bertugas merancang dan membuat video/film mulai dari pembuatan skrip hingga pengeditan.

3. BIRO KARYA ILMIAH

Karya Ilmiah, atau disingkat KAIL, berada di bawah naungan Departemen Penalaran, Riset, dan Teknologi. Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Tujuan dari KAIL adalah salah satunya memberi wadah untuk melatih mengungkapkan pemikiran dalam bentuk tulisan ilmiah, dan juga melatih kemampuan dasar untuk melakukan penelitian. Manfaat dari KAIL diantaranya yaitu memperoleh kepuasan intelektual dan memperoleh cakrawala pengetahuan.

Karya ilmiah terdiri dari bagian pembuka, bagian isi, hasil penelitian, penutup, dan bagian penunjang.

4. BIRO SENI

Art of Teknik Informatika, atau disingkat ARTI, berdiri tahun 2016, alias masih tergolong baru. Biro seni terdiri dari tari dan musik. Sedangkan tari sendiri dibagi lagi menjadi dua, yaitu tari modern dan tari tradisional.

0 comments:

Posting Komentar

Hargai penulis dengan memberikan komentar yang baik dan mengklik iklan yang ada

Rules komentar :
1. No SPAM
2. No live link (link aktif)
3. Jika bertanya gunakan akun yang terdaftar
4. Komentar yang tidak pantas akan dihapus oleh admin

 
Top