Etika Komunikasi

Etika Komunikasi - Etika komunikasi sangatlah penting untuk diterapkan oleh semua orang, terutama mahasiswa. Mahasiswa adalah tonggak perubahan, dimana keterampilan dalam berbicara dibutuhkan. Untuk itulah, etika komunikasi ada untuk melatih diri agar mampu berinteraksi dengan baik kepada orang lain dan mampu menggiring massa ke arah perubahan.

Etika komunikasi terdiri dari 2 kata, yaitu etika dan komunikasi. Etika adalah tingkah laku sebagai standar yang mengatur pergaulan manusia dalam kelompok sosial. Sedangkan komunikasi dapat diartikan sebagai bagian penting untuk memengaruhi orang-orang agar memperoleh hal yang kita inginkan. Etika komunikasi menjujung nilai-nilai keadilan, kejujuran, hormat, dan rendah hati.

Mempelajari etika komunikasi tidaklah sia-sia. Fungsi dari etika komunikasi adalah sebagai berikut :
  1. Mencapai pengertian satu sama lain
  2. Membina kepercayaan
  3. Mengoordinir tindakan
  4. Merencanakan strategi
  5. Melakukan pembagian kerja
  6. Berbagi rasa

Berikut adalah contoh etika dalam berkomunikasi :
  1. Menggunakan kata dan kalimat yang baik menyesuaikan dengan lingkungan
  2. Mudah dimengerti orang lain
  3. Menatap mata lawan bicara dengan lembut
  4. Memberikan ekspresi wajah yang ramah dan murah senyum
  5. Menggunakan gestur atau gerak tubuh yang sopan dan wajar
  6. Bertingkah laku yang baik dan ramah
  7. Berpakaian rapi dan menutup aurat
  8. Tidak mudah terpancing emosi lawan bicara
  9. Menggunakan nada, intonasi suara, serta kecepatan bicara yang baik
  10. Menggunakan komunikasi non-verbal yang baik

Etika komunikasi sangatlah penting, karena sangat berkaitan dengan bisnis, politik, perusahaan, pelayanan publik, dan juga kehidupan sehari-hari.

Ada juga tata cara untuk berkomunikasi dengan dosen, berikut penjabarannya.

Bertemu dosen secara langsung :
  1. Senyum
  2. Ramah
  3. Sopan santun

Menghubungi dosen via SMS :
  1. Bahasa sopan dan jelas
  2. Bahasa singkat dan padat
  3. Ucapkan maaf dan terima kasih

Menghubungi dosen via telepon :
  1. Tahu waktu
  2. Ucapkan salam dan perkenalan diri
  3. Sopan
  4. Sampaikan maaf dan terima kasih
  5. Hindari pertanyaan yang tidak penting

Nah itu tadi etika komunikasi yang dapat saya kutip dari materi AKTIF 2016 (Aktualisasi Kader Teknik Informatika).

0 comments:

Posting Komentar

Hargai penulis dengan memberikan komentar yang baik dan mengklik iklan yang ada

Rules komentar :
1. No SPAM
2. No live link (link aktif)
3. Jika bertanya gunakan akun yang terdaftar
4. Komentar yang tidak pantas akan dihapus oleh admin

 
Top