Wawasan Kampus UNESA

Wawasan Kampus UNESA - Universitas Negeri Surabaya, atau biasa disingkat UNESA, merupakan salah satu universitas unggulan di Surabaya. Universitas yang saya tempati ini memiliki 2 kampus, yaitu Kampus Ketintang dan Kampus Lidah Wetan. UNESA terdiri dari beberapa fakultas, yaitu Fakultas Teknik (FT), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Untuk FT, FMIPA, FE, dan FISH terletak di Kampus Ketintang. Sedangkan FIK, FBS, dan FIP berada di Kampus Lidah Wetan.

Setiap fakultas di UNESA memiliki warna kebanggaannya masing-masing. FT memiliki warna kebanggaan hijau, FMIPA memiliki warna kebanggaan merah, FE memiliki warna kebanggaan putih, FISH memiliki warna kebanggaan biru, FIK memiliki warna kebanggaan biru muda, FBS memiliki warna kebanggaan kuning, dan FIP memiliki warna kebanggaan ungu. Saya sendiri berasal dari jurusan Teknik Informatika, di bawah naungan Fakultas Teknik.

Pimpinan Universitas adalah rektor dan para pembantu rektor yang bertugas menjalankan fungsi pengelolaan universitas secara keseluruhan, menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, membina dosen, karyawan, mahasiswa serta membina hubungan dengan alumni, baik di lingkungan universitas maupun masyarakat.

Rektor diangkat atau diberhentikan untuk masa jabatan 4 tahun, setelah melalui proses pemilihan yang diadakan khusus dalam suatu rapat terbuka Senat Universitas. Inilah susunan Pimpinan Unesa periode 2014-2018.
  1. Rektor UNESA : Prof. Dr. Warsono, M.S.
  2. Pembantu Rektor I : Dr. Yuni Sri Rahayu, M.Si.
  3. Pembantu Rektor II : Drs. Tri Wrahatnolo, M.Pd., M.T.
  4. Pembantu Rektor III : Dr. Ketut Praseto, M.S.
  5. Pembantu Rektor IV : Prof. Dr. Djodjok Soepardjo, M. Litt. 


UNESA memiliki beberapa biro lembaga dan UPT (Unit Pelaksana Teknik), diantaranya :
  1. LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat). Tugasnya yaitu menaungi kreativitas mahasiswa.
  2. PPTI (Pusat Pengembangkan Teknologi Informasi) / Puskom (Pusat Komunikasi). Tugasnya yaitu menangani data-data mahasiswa.
  3. BAAK dan PSI (Biro Administrasi Akademik dan Pengembangan Sistem Informasi). Tugasnya yaitu menangani data-data administrasi mahasiswa.
  4. UPT Perpustakaan. Tugasnya yaitu menyediakan buku dan literatur untuk membantu mahasiswa dalam mengerjakan Tugas Akhir dan Skripsi, serta menyediakan fasilitas WIFI untuk mencari referensi di internet.
  5. PPM (Pusat Pengembangan Mutu). Tugasnya yaitu menjamin mutu kurikulum.

Di UNESA, terdapat beberapa Ormawa (Organisasi Mahasiswa), diantaranya :
  1. Tingkat jurusan : HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan). HMJ menaungi beberapa departemen di jurusan.
  2. Tingkat fakultas : BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) yang bergerak di bidang eksekutif, dan DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) yang bergerak di bidang legislatif.
  3. Tingkat universitas : BEM yang bergerak di bidang eksekutif, dan MPM (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa) yang bergerak di bidang legislatif.
Peran mahasiswa :
  1. Agent of change. Orang yang tidak hanya menjadi penggagas perubahan, namun juga menjadi bagian dari perubahan itu sendiri.
  2. Social control. Orang yang mampu mengendalikan masyarakat, alias berperan penting.
  3. Iron stock. Orang yang berjiwa tangguh, dan mampu mengatasi isu-isu sosial yang ada.
Nah itu tadi wawasan kampus yang dapat saya kutip dari materi AKTIF 2016 (Aktualisasi Kader Teknik Informatika).

0 comments:

Posting Komentar

Hargai penulis dengan memberikan komentar yang baik dan mengklik iklan yang ada

Rules komentar :
1. No SPAM
2. No live link (link aktif)
3. Jika bertanya gunakan akun yang terdaftar
4. Komentar yang tidak pantas akan dihapus oleh admin

 
Top