Mahasiswa di Yogya Ciptakan Game Interaktif Untuk Belajar Gamelan

Mahasiswa di Yogya Ciptakan Game Interaktif Untuk Belajar Gamelan - Gamelan merupakan salah satu hasil kebudayaan asli Indonesia, berupa seperangkat anasambel menyerupai orchestra yang berasal dari Jawa, Bali serta Lombok. Sayangnya pelestarian gamelan pada generasi muda cukup terkendala karena dianggap sebagai kegiatan yang kuno dan tidak modern. Padahal sebenarnya gamelan sudah banyak dikenal di seluruh dunia.

Untuk menarik minat anak-anak Indonesia terhadap gamelan, kelompok mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), menciptakan sebuah permainan interaktif gamelan memanfaatkan teknologi komputasi.

Ide kreatif itu diciptakan oleh kolaborasi antara Saras Mareta Ratri dari Program Studi Pendidikan Teknik Informatika, Yosimi Ratna Puti Annisa, Ika Wahyu Wiranti, serta Galuh Yuliasih Condrosari dari Prodi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD).

“Gamelan dapat mulai dikenalkan pada anak sejak Taman Kanak-kanak. Pengenalan gamelan paling baik jika anak langsung memainkan alat musik gamelan karena melibatkan semua organ sensoris dan motorik, “ kata Saras Mareta Ratri, Selasa 15 Juli 2014.

Game interaktif yang dinamai Gamelan D ini menjadi media yang mengatasi hambatan untuk anak mengenal dan mempelajari gamelan.

Gamelan D memiliki sesi pengenalan gamelan dan soal. Pada sesi pengenalan meliputi pengenalan suara, pengenalan nama, dan mencocokkan bentuk menggunakan model drag-and-drop.

Sedangkan pada sesi soal digunakan sebagai evaluasi pemahaman anak dengan pilihan ganda. Alat musik pada Gamelan D yaitu bonang, saron, gong, slenthem, kenong, kempul dan kendhang. Gamelan D menggunakan Lancaran Gugur Gunung laras pelog.

Permaian berbasis flash yang lolos didanai pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud ini juga sudah diujikan pada siswa TK Al Amien, Jetis, Yogyakarta.

“Setelah diteliti permainan ini memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam melatih kemampuan mengenal gamelan di Taman Kanak-kanak. Ada perbedaan pengetahuan yang signifikan setelah menggunakan permainan interaktif Gamelan D dalam tingkat kepercayaan 95%,” jelas Saras.

Sekian artikel tentang Mahasiswa di Yogya Ciptakan Game Interaktif Untuk Belajar Gamelan

0 comments:

Posting Komentar

Hargai penulis dengan memberikan komentar yang baik dan mengklik iklan yang ada

Rules komentar :
1. No SPAM
2. No live link (link aktif)
3. Jika bertanya gunakan akun yang terdaftar
4. Komentar yang tidak pantas akan dihapus oleh admin

 
Top