GEMASTIK (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK)

GEMASTIK (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang TIK) - Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (GEMASTIK) merupakan program Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M) DIKTI, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas peserta didik sehingga mampu mengambil peran sebagai agen perubahan dalam memajukan TIK.

GEMASTIK bisa dikatakan sebagai salah satu wadah bagi para mahasiswa yang berkecipung dalam dunia IT untuk menunjukkan kebolehan dari karya-karya maupun skill secara nasional. GEMASTIK diciptakan agar mahasiswa Indonesia dapat secara aktif dan kreatif menciptakan produk maupun pemikiran yang baik seputar IT untuk berkontribusi nyata dalam pembangunan negara Indonesia.

Kategori GEMASTIK :

1. Pemrograman
Lomba pemrograman menguji kemampuan dan nalar dari setiap peserta dalam menyelesaikan program komputer untuk memecahkan permasalahan yang diberikan. Kriteria penilaian mencakup kecepatan penulisan program dan ketepatan/efisiensi dari program yang dibuat untuk setiap kasus permasalahan terkait. Bahasa pemrograman yang digunakan antara lain: Java, C++, C.

2. Pengembangan Perangkat Lunak
Lomba pengembangan perangkat lunak menguji kemampuan peserta dalam mengembangkan ide secara kreatif untuk memberikan solusi penyelesaian masalah di Indonesia dalam bentuk perangkat lunak berkualitas tinggi. Platform produk perangkat lunak tidak dibatasi.

3. Data Mining
Para peserta lomba diharapkan mampu melakukan proses Data Mining terhadap Big Data yang tersedia secara publik di web serta sudah terverifikasi validitasnya. Langkah peserta selanjutnya adalah memvisualisasikan hasil proses data mining tersebut sehingga berguna bagi masyarakat luas.

4. Keamanan Jaringan dan Sistem Informasi
Kompetisi Keamanan Jaringan adalah kompetisi untuk menguji kemampuan peserta dalam menghadapi kasus keamanan sistem komputer dan jaringan yang telah disiapkan. Sistem dirancang untuk mempunyai celah atau informasi tertentu yang berakibat terhadap dimungkinkannya peretasan pada sistem tersebut.

5. Animasi
Animasi merupakan sebuah lomba karya cipta dalam bentuk visualiasi 2D maupun 3D yang mengandung unsur kreativitas dan dan inovasi pemuda untuk menciptakan masyarakat yang berdikari/mandiri di Indonesia, sebagai elemen penting dalam karya cipta tersebut.

6. Piranti Cerdas dan Embedded System
Dengan menggabungkan konsep piranti cerdas dan embedded system, maka diharapkan dapat terciptanya sebuah sistem kompleks memiliki kualitas yang baik.

7. Desain User Experience
Dalam lomba ini yang menjadi fokus utama adalah pengalaman yang didapatkan pengguna ketika sedang menggunakan aplikasi tersebut secara menyeluruh.

8. Pengembangan Bisnis TIK
Lomba ini memberikan kesempatan kepada peserta yang memiliki ide bisnis, startup dan pengembangan usaha yang berorientasi pada produk TIK, baik berupa jasa dan produk.

9. Pengembangan Aplikasi Permainan
Lomba pengembangan aplikasi permainan mendorong peserta untuk berkreasi dan berinovasi untuk mengembangkan aplikasi permainan yang mampu berjalan dengan baik untuk memenuhi tujuan yang dicapai, memperlihatkan sisi pendidikan, mempunyai dampak dan manfaat, sekaligus mengandung unsur menghibur (entertainment value) dari sebuah permainan itu sendiri.

10. e-Goverment
E-Government merupakan pemanfaatan teknologi informasi berbasis internet oleh pemerintah dalam memberikan informasi dan layanan kepada masyarakat, bisnis, pegawai, atau pemerintah lainnya, atau sebaliknya masyarakat atau bisnis dapat berinteraksi, atau memberikan informasi kepada pemerintah.

Nah itu tadi gemastik (pagelaran mahasiswa nasional bidang tik) yang dapat saya kutip dari materi AKTIF 2016 (Aktualisasi Kader Teknik Informatika).

1 comments:

  1. TRAUMA DENGAN AGENT POKER YANG NGAKU NYA TERPECAYA ?ATAU TAKUT BANGKRUT AKIBAT BANYAK MODAL YANG DI KELUAR KAN ?
    HANYA S1288POKER SOLUSI NYA UNTUK MASALAH ANDA YUK SEGERA GABUNG DI S1288POKER AGENT POKER TERPECAYA DI INDONESIA NGAK YAKIN?
    BISA BUKTIKAN SENDIRI KOK S1288POKER NGAK AKAN MEMBUAT ANDA MENYESAL UNTUK BERMAIN DI S1288POKER. (PIN BBM: 7AC8D76B)

    BalasHapus

Hargai penulis dengan memberikan komentar yang baik dan mengklik iklan yang ada

Rules komentar :
1. No SPAM
2. No live link (link aktif)
3. Jika bertanya gunakan akun yang terdaftar
4. Komentar yang tidak pantas akan dihapus oleh admin

 
Top